Selasa, 16 Oktober 2012

Tuan Guru Lopan

T.G. Muhammad Saleh (Lopan)

Awal abad ke XX M dikenal sebagai era kebangkitan Islam.Seorang ulama Islam yang tidak kurang jasanya dalam pembinaandan pengembangan Islam di Gumi Sasak adalah T.G. MuhammadSaleh alias T.G. Lopan. Beliau terkenal sangat wara'dan tak kenalmenyerah dalam mengembangkan ajaran ushul fiqh di kalanganumat"Islam. Beliau juga mengembangkan ajaran sufi di Padamara,Sakra, Mesanggoh Gerung, Karang Kelok dan lain-lain.


T.G.H. Ali Batu (Sakra)T.G.H. Ali Batu berasal dari Sakra. Beliau sangat gigih memberikan pengajian-pengajian dan terkenal sangat alim. Selain beliau aktif dalam memberikan pengajian-pengajian, beliau juga banyak memimpin peperangan-peperangan antara orang-orang Sasak melawan kekuasaan Bali. Beliau meninggal saat peperangan tersebut.

4.T.G.H. Mustafa (Kotaraja)T.G.H. Mustafa adalah seorang tokoh penyebar agama dimasa penjajahan Belanda. Pada saat itu banyak terdapat orang-orangBali yang berdomisili di Kotaraja, tetapi beliau tanpa takut dan pantang mundur tetap memberikan pengajian-pengajian baik yang bersifat khusus maupun umum.

5.T.G.H. Badarul Islam (Pancor)T.G.H. Badarul Islam adalah salah satu tokoh yang sangat kharismatik. Beliau banyak memberikan pengajian-pengajian dan murid-muridnya pun banyak yang berasal dari berbagai tempat diGumi Sasak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar